Perkembangan teknologi di era digital saat ini begitu pesat. Banyak inovasi di berbagai aspek terus berkembang. Kreativitas dan keunikan mewarnai berbagai fasilitas mengisi kehidupan kita.

Kali ini, inovasi yang akan diulas adalah teknologi di bidang transportasi. Kendaraan-kendaraan ini sangat unik dari segi bentuk, fungsi dan elemen pembentuknya. Semua kendaraan ini tidak menggunakan bahan bakar sebagai sumber energinya. Selain itu, keunggulan lainnya adalah kendaraan ini tidak menimbulkan polusi sebagaimana kendaraan bermotor. Nah, ada apa saja? Yuk, simak!

1. Seev-800

Loading video...
https://www.youtube.com/embed/mdpdu0xVjZ8

SEEV-800 merupakan skuter elektrik yang sumber energinya berasal dari listrik. Proses mendapatkannya melalui charging. Artinya, kendaraan ini memiliki elemen berupa bateraiBerhubung motor ini tidak memiliki mesin seperti motor, tingkat kebisingannya sangat rendah. Selain itu, skuter ini juga tidak menimbulkan asap yang mencemarkan udara di lingkungan. Kecepatannya dapat diatur pada bagian pegangan, terdapat rem dan spidometer yang bisa menunjukkan berapa sisa kapasitas baterai saat dipakai, dan kecepatan dalam kilometer.

Kelebihan lainnya, produk ini punya batas 1500 kali proses pengecasan, 1 kali charging dapat menempuh perjalanan sejauh 80 km, dan memiliki bagian penyangga kaki yang lebar dan membuat nyaman saat berkendara.

2. Kubo

Loading video...
https://www.youtube.com/embed/1iM8YLEsanI

Kubo merupakan skuter elektrik yang sama seperti SEEV 800, hanya saja desain ini sedikit berbeda. Pada Kubo terdapat ruang untuk menyimpan dan menahan posisi barang di bawah kaki. Selain tidak menimbulkan kebisingan dan pencemaran udara, skuter ini juga cocok untuk seorang kurir. 

3. Row Bike V2

Loading video...
https://www.youtube.com/embed/YOIp2P0UYTo

Row Bike merupakan mesin fitness yang berbentuk sepeda. Cara menggunakannya sangat mudah simple. Maju dan mundurkan gagang sepeda maka alat tersebut akan berjalan seiring gerakan tersebut berlanjut. Dibanding alat fitness yang ada di ruangan, alat fitness ini lebih memudahkan penggunanya menghirup udara luar dan dapat mencapai tempat manapun sesukanya. Alat transportasi ini juga tidak membutuhkan listrik sebagai sumber energi.

4. Arca Board

Loading video...
https://www.youtube.com/embed/7TnqBM_KUyE

ArcaBoard adalah kendaraan yang bisa mengawang alias membawamu terbang dengan ketinggian yang tidak besar. Kendaraan ini dapat dikontrol untuk berbelok atau bergerak, dapat menggunakan aplikasi di ponsel maupun gerakan tubuh sendiri. Bentuk yang bisa memberi stabilitas, daya tahan dan aman mengandung kekuatan luar biasa didalamnya.

Di dalamnya terdapat of the box charger digunakan untuk mengisi ulang ArcaBoard dalam 6 jam. Selain itu, juga terdapat kipas angin listrik berdaya tinggi dengan dorong maksimum 200 kgf (430 lbs). Itu sebabnya, Arca Board bisa bawa kamu jalan jalan tanpa roda.

5. Hydrofoil Bike

Loading video...
https://www.youtube.com/embed/kXAu5z1Z6vk

Hydrofoil Bike merupakan sepeda yang dapat digunakan saat melintasi air yang dalam seperti kolam, sungai maupun laut. Tingkat keamanannya cukup tinggi karena desainnya memudahkan penggunanya bisa menaiki sepeda kembali meski terjatuh saat berkendara di atas air. Bahan yang membentuk kendaraan ini berasal dari Carbon Fiber Hydrofoils yang sifatnya kuat seperti baja. 

6. Jetfoiler

Loading video...
https://www.youtube.com/embed/fhHEefqSepI

Kendaraan yang satu ini sangat seru apabila kamu gunakan untuk menyeberang lautan. Jetfoiler merupakan modifikasi papan selancar yang bertenaga listrik. Posisinya saat digunakan dapat terlihat melayang di atas air. Di bagian bawahnya, terdapat tiang penunjang agar kedudukan papan selancar tersebut tetap datar dan tegak. Pergerakan papan selancar ini dikontrol menggunakan remote control.

7. Eagle E1

Loading video...
https://www.youtube.com/embed/qHnH-MNMkzU

Eagle E 1 merupakan papan skateboard yang berukuran mungil dan mudah dibawa kemanapun. Inovasi kendaraan ini mampu mendaki bukit dan memiliki kecepatan 11 mil per jam. Selain untuk bermain-main, Eagle E 1 juga dapat digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat yang diinginkan seperti kampus, kantor, sekolah, pasar dan taman. Tanpa khawatir aan kemacetan.

Nah, itulah sederet kendaraan anti polusi dan bahan bakar yang bisa kamu gunakan untuk tampil beda tahun ini. Selamat mencoba. 

Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.