Honda CBX, mungkin gak banyak dari kamu yang tahu atau mungkin pernah dengar, tentang sepeda motor ini. Motor yang satu ini memang tidak dijual di Indonesia, tapi motor ini merupakan salah satu produk revolusioner dari Honda di tahunnya.

Faktanya, sampai sekarang motor ini masih tetap saja dianggap motor gahar karena mesinnya yang memang lain daripada yang lain. Gimana sih sebenarnya tampang dari motor ini dan apa saja fakta-fakta dibalik produk ini? Yuk cari tahu bareng.

1. Produk flagship Honda

5 Fakta Honda CBX: The Magnificent SIX, Rider Wajib Tahu!drivedrill.com/

Motor ini mulai diproduksi oleh Honda untuk jadi bagian produk sepeda motor flagship mereka. Motor ini diproduksi dari tahun 1978 hingga 1982.

Pada tahun itu, Honda berniat untuk membuat sepeda motor tercepat di dunia yang practicality-nya tinggi. Dalam artian, sepeda motor ini dapat di pergunakan di belahan dunia manapun.

Sejauh ini, Honda sepertinya sukses mewujudkan cita-cita mereka karena motor ini terjual sebanyak 40000 unit di seluruh dunia (tapi masih kalah sama penjualan Honda Beat kok). Pada tahun 2011, majalah Australia, 2 Wheels Magazine, menobatkan Honda CBX ini sebagai salah satu motor terfavorit versi mereka.

2. Mesin hasil pengembangan dari sepeda motor balap Honda

5 Fakta Honda CBX: The Magnificent SIX, Rider Wajib Tahu!drivedrill.com

Motor ini pake mesin yang ga main-main. Memang bukan mesin eksotis seperti V atau Boxer, tapi mesin motor ini punya 6 piston bor! Mesinnya pake konfigurasi inline six cylinder DOHC 1047cc yang dapat memuntahkan 105 Hp pada kitiran mesin 9000 rpm.

Torsinya sendiri mencapai 81 Nm pada 9500 rpm. Mesinnya memang masih karburator, tapi karburator yang digunakan 6 unit loh. Independent satu unit per piston.

Secara fisik mesinnya sangat besar. Silakan lihat gambar kalo gak percaya. Namun, engineer Honda mendesain mesin ini dengan sangat pintar.

Agar tetap nyaman dibawa berkendara, mesin hanya dibikin lebar dibagian head saja, pada bagian crankcase, mesin tetap didesain compact agar posisi kaki pengendara tetap nyaman saat 'mengangkangi' mesin motor ini.

3. Performa juara

5 Fakta Honda CBX: The Magnificent SIX, Rider Wajib Tahu!classic-motorbikes.net

Soal performa gimana? Walau jadul, sepeda motor ini galak. Motor ini dapat berakselerasi dari 0 hingga  kecepatan 190 km/jam hanya dalam jarak 0.4 km a.k.a 1/4 mile a.k.a 400 meter saja. Mantap!

Soal top speed, motor ini dapat melaju hingga 220 km/jam. Gak heran sih, soalnya motor ini memang dari awal diproduksi untuk kelas super sport.

Basis sepeda motor yang menjadi induk produknya sendiri adalah Honda RC Series, yaitu sepeda motor Honda untuk ikutan ajang balap motor GP di tahun 1960-an.

4. Ada versi sport touring

5 Fakta Honda CBX: The Magnificent SIX, Rider Wajib Tahu!roadsmile.com

Honda juga mengeluarkan versi sport touring dari motor ini, dengan muntahan tenaga mesin yang sedikit lebih rendah, yaitu 98 Hp pada 9000 rpm. Namun dengan torsi yang sudah dapat dikail lebih awal sebesar 83.4 Nm dari 7500 rpm.

Versi touring dari Honda CBX ini juga menggunakan supensi pro-link untuk menambah kenyamanan saat berkendara jarak jauh.

5. Banyak dimodif jadi cafe racer

5 Fakta Honda CBX: The Magnificent SIX, Rider Wajib Tahu!returnofthecaferacers.com

Walau motor ini sudah gak diproduksi lagi, tapi builder di Amerika masih memburu motor ini untuk dijadikan sebagai bahan modifikasi bergaya cafe racer. Wajar sih, secara mesinnya yang istimewa membuat tampilan motor ini sangat gagah jika dimodifikasi menjadi cafe racer.

Gimana, tertarik untuk punya satu? Bisa jadi barang koleksi mahal tuh.

Roma Dalimunthe

An automotive enthusiast; a part-timer powerlifter.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.