Jakarta, IDN Times - PT Astra Honda Motor merilis skuter matic andalan mereka: All New Honda PCX 150cc. Motor ini nantinya akan dibenturkan dengan Yamaha NMAX.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengungkapkan sejak diperkenalkan pada Desember tahun lalu, All New Honda PCX buatan Indonesia ini mendapat sambutan meriah dari publik.

“Penerimaan All New Honda PCX produksi lokal dalam dua bulan terakhir yang mencapai sekitar 12 ribu,” kata Johannes Loman dalam rilis yang diterima IDN Times, Rabu (7/2).

Sebelum resmi diproduksi di Indonesia, PCX 150 diimpor dari Vietnam. Akibatnya harganya melambung tinggi, sehingga tak bisa bersaing dengan Yamaha NMAX. Kini, setelah diproduksi di dalam negeri, harga All New Honda PCX 150 pun bisa ditekan

Lalu, dengan harga yang jauh lebih murah, apakah PCX 150 lokal jadi lebih inferior dibandingkan PCX 150 CBU?

1. PCX Lokal 13 Juta lebih murah dari PCX Vietnam

Honda PCX 150 Lokal Vs CBU, Apa Saja Kelebihannya?Antara Foto/Sigid Kurniawan

 

All New PCX 150 lokal dibandrol seharga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp27.7 juta untuk tipe CBS dan Rp30.7 untuk tipe ABS. Dengan harga tersebut varian termahal buatan lokal masih tetap lebih murah dari PCX CBU dari Vietnam yang dibadrol seharga Rp 40.580.000.

Baca juga: 5 Hal tentang Motor Royal Enfield Bullet 350 Chopper yang Dibeli Jokowi

2. Kubikasi mesin sedikit lebih kecil

Honda PCX 150 Lokal Vs CBU, Apa Saja Kelebihannya?Antara Foto/Sigid Kurniawan

Honda PCX 153 CBU Vietnam menggunakan mesin SOHC 2 klep berpendingin cairan, injeksi dan eSP dengan mesin berkubikasi 152.9 cc. Sementara mesin Honda PCX 150 lokal menggunakan mesin 4-stroke, SOHC 2 klep , PGM-FI, Liquid Cooled, eSP dengan kubikasi 149,3 cc.

3. All new Honda PCX 150 Lokal desainnya lebih fresh 

Honda PCX 150 Lokal Vs CBU, Apa Saja Kelebihannya?astra-honda.com

All New Honda PCX 150 buatan lokal memiliki desain yang lebih baru dibanding PCX CBU Vietnam. Desain All New PCX 150 Lokal mirip seperti PCX yang dipamerkan di Tokyo Motor Show.

Pada All new Honda PCX 150 lokal ada sejumlah pembaruan dari sistem penerangan yang sudah memakai full LED. Selain itu di All New PCX 150 lokal juga sudah tersemat sistem smart key system yang belum ada di PCX CBU Vietnam.

Sementara untuk dashboard All new Honda PCX lokal juga sudah full digital panel. Fitur ini tentunya belum ada di PCX CBU Vietnam.

4. Pengereman yang jauh lebih baik dibanding CBU Vietnam

Honda PCX 150 Lokal Vs CBU, Apa Saja Kelebihannya?astra-honda.com

Dari sudut pengereman, All new Honda PCX 150 lokal buatan Indonesia lebih unggul, selain tersedia versi ABS, rem belakang juga sudah menggunakan piringan cakram. Sementara PCX CBU Vietnam masih menggunakan drum alias tromol.

Sementara itu untuk rem depan, Honda PCX Lokal tersedia versi ABS single channel (depan saja), untuk non ABS disematkan fitur CBS (Combined Brake System) dengan Kaliper Tiga Piston. Adapun PCX CBU Vietnam hanya memakai sistem CBS saja.

Baca juga: Disebut Vario Killer, Ini 5 Kelebihan Yamaha Lexi 125