Bogor, IDN Times - Terhitung pertengahan Januari 2018, pecinta otomotif khususnya motor sport akan bisa melihat kehadiran All New Kawasaki Ninja 250 di Indonesia.

Motor berkapasitas 250 cc ini, dipastikan akan menjadi incaran masyarakat. Mengingat, versi teranyar ini memiliki banyak perbedaan dari seri sebelumnya. 

Baca juga: Pecinta Touring? Motor Suzuki Baru Ini Bisa Jadi Pilihanmu

1. Desain mesin dibongkar total

8 Hal ini Bisa Kamu Temukan di All New Kawasaki Ninja 250IDN Times/Ahmad Mustaqim

"Untuk segi mesinnya tidak mengalami banyak perubahan. Tapi desain dan konstruksinya berubah. Tetap menggunakan liquid cooled 4 stroke parallel twin, DOHC 8 valve dan dual throttle digital electric. Transmisi masih tetap 6 speed," kata Sucipto, Product Knowledge Kawasaki Indonesia saat ditemui IDN Times di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jumat (12/1).

Perombakan mesin terbilang disengaja guna meningkatkan performanya, sehingga lebih baik dari pendahulunya. 

"Desain mesin dibuat dari 0. Sehingga maximum power 28,5 Kw di 12.500 rpm. Dari 2017, mengalami peningkatan 5 Kw," jelas Sucipto.

Baca juga: Siapkan Tabunganmu, Suzuki Segera Bawa 2 Motor Sport Keren Ini ke Indonesia!

2. Radiator ada di bawah

8 Hal ini Bisa Kamu Temukan di All New Kawasaki Ninja 250IDN Times/Ahmad Mustaqim

Semantara itu, posisi radiator dan air box pada All-New Ninja 250 ini berada di bawah. Sehingga aliran udara mengalir dan keluar melalui sisi kanan dan kiri motor.

"Ada new radiator. Di versi terdahulunya, udara keluar dari bawah, sekarang dari samping jadi nggak terlalu panas," lanjut Cipto, panggilan akrabnya.

Baca juga: 10 Potret Pembalap Darma Hutomo, Anak Tommy Soeharto yang Kharismatik

2. Frame adaptasi dari H2

8 Hal ini Bisa Kamu Temukan di All New Kawasaki Ninja 250IDN Times/Ahmad Mustaqim

Di segi frame, juga mengalami perubahan. All-New Kawasaki Ninja 250 menggunakan frame yang diadaptasi dari motor legendaris Kawasaki yaitu Ninja H2 yang ringan dan compact.

"Untuk frame mengadaptasi dari H2 yang lebih compact dan ringan. Ini sangat berkontribusi ke chassis dan bobot motor, versi standar berat kosong 164 dan abs 167.  Dimana tahun 2017, standarnya 172 kilo dan abs 174 kilo. Jadi ada penurunan bobot secara signifikan," kata Cipto.

Baca juga: Dicurangi, Video Balas Dendam Pembalap Bondowoso Ini Viral!

3. Lebih nyaman dari pendahulunya

8 Hal ini Bisa Kamu Temukan di All New Kawasaki Ninja 250IDN Times/Ahmad Mustaqim

Tidak hanya masalah kecepatan, motor yang sudah dikenal lebih dari 10 tahun ini juga memoles jok dan tangki bahan bakar lebih ramping. Hal ini bertujuan agar pengendara lebih nyaman. 

"Untuk jok, kita buat lebih tebal agar saat riding jauh tetap nyaman dan tangki bahan bakar lebih ramping. Untuk posisi kaki lebih menjepit. Jadi lebih nyaman," tambahnya.

Baca juga: Pebalap F1 Ini Diduga Hindari Pajak Jet Pribadinya

4. Bahan bakar lebih irit

8 Hal ini Bisa Kamu Temukan di All New Kawasaki Ninja 250IDN Times/Ahmad Mustaqim

Meskipun ukuran tangki bahan bakarnya lebih ramping, namun konsumsi bahan bakarnya tetap hemat.

"Kapasitas dari 17 liter jadi 14 liter. Tapi jangan khawatir untuk konsumsi bahan bakar 1:25. Jadi sekitar 14 liter untuk 400 Km," tandas Cipto.

Baca juga: Daripada Adu Kebut di Jalanan, Kenali 5 Genre Balapan Resmi Ini

5. Gunakan suspensi teleskopik

8 Hal ini Bisa Kamu Temukan di All New Kawasaki Ninja 250IDN Times/Ahmad Mustaqim

Menunjang kenyamanan, all-new Kawasaki Ninja 250 juga menggunakan suspensi teleskopik yang diperbesar. Meskipun kompetitor lain sudah menggunakan suspensi Up Side Down pada motor kelas 250 cc.

"Untuk suspensi depan, kita tetap menggunakan suspensi teleskopik. Dan ukurannya diperbesar dari 37 mm menjadi 41 mm, handling lumayan stabil. Di bagian belakang menggunakan bottom link," cerita Sucipto lagi. 

Baca juga: Melalui Pembalap MotoGP, Michelin Kampanyekan Berkendara yang Aman 

6. Disk brake lebih besar

8 Hal ini Bisa Kamu Temukan di All New Kawasaki Ninja 250IDN Times/Ahmad Mustaqim

Untuk sistem pengereman, All-New Kawasaki Ninja 250 ditunjang dengan disk brake berdiameter 27 mm. Lebih besar dari pendahulunya yang hanya berdiameter 24,4 mm.

Selain itu, desain lingkar roda pun dibongkar total. Desain lingkar roda pada All-New Kawasaki Ninja 250 telah disesuaikan berdasarkan pengalaman di lintasan balap.

"Untuk pelek 2017 palang dua menjadi satu untuk 2018. Satu menjadi dua ini, berdasarkan pengalaman di lintasan balap. Sehingga pengereman lebih maksimal," lanjutnya.

Baca juga: Begini Asal Usul Lontong Balap yang Jadi Kuliner Legenda Surabaya

7. Aura balapan 

8 Hal ini Bisa Kamu Temukan di All New Kawasaki Ninja 250IDN Times/Ahmad Mustaqim

Merujuk bagian kokpit depannya, All-New Kawasaki Ninja 250 memiliki fitur yang lengkap mulai dari gear position sampai odometer yang disajikan dengan latar negatif. Aura balap saat melihat kokpit depan begitu terasa.

Untuk sistem penerangan lampu depan menggunakan LED seperti motor keluaran terbaru pada umumnya. Yang istimewa adalah, bagian buritan yang mengadaptasi dari Kawasaki Ninja ZX 10R.

"Desain head lamp sangat tajam, namun nuansa big bike-nya tetap ada. Lampu utama sudah pakai led. kalau di pendahulunya hanya satu sekarang dua," ujar Sucipto.

Sementara di varian ABS dan Special Edition, ada sejumlah aksesoris tambahan seperti Wind Shield lebih tinggi, single seat dan DC output.

Baca juga: Jonathan Rea dan Fadly Jajal Keganasan Kawasaki Ninja 250 Terbaru di Sirkuit Sentul

8. Banyak pilihan warna unik

8 Hal ini Bisa Kamu Temukan di All New Kawasaki Ninja 250

IDN Times/Ahmad Mustaqim

Kawasaki juga telah menyiapkan sejumlah pilihan warna untuk All-New Kawasaki Ninja 250. Untuk versi standar, ada tiga pilihan warna hijau, hitam, merah.

Sementara untuk versi ABS, ada dua pilihan warna hitam doff merah dan candy bar orange.

Sucipto menyebutkan, khusus untuk warna candy bar orange ada teknologi khusus yang disematkan dalam pengecatannya.

"Untuk candy bar orange, bukanlah air brush atau painting. Ini cat dan teknologi baru yang menggunakan magnet. Jadi efek tiga dimensinya kelihatan," ujarnya.

Sebagaimana diinformasikan, harga All-New Kawasaki Ninja 250 standar dibandrol dengan harga Rp61,9 Juta, untuk versi special edition Rp64,3 juta. Sementara untuk varian ABS, dibandrol mulai dari Rp71,9 juta sampai Rp72,4 juta.

Baca juga: Berada di Grid Paling Belakang, Rossi Berniat Mengundurkan Diri dari Balapan