Seiring berjalannya waktu, teknologi berkembang dengan sangat pesat dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang kuliner. Teknik pengolahan makanan kini semakin berkembang sehingga terciptalah sebuah pengalaman makan yang berbeda dari biasanya, yaitu melalui pemanfaatan molecular gastronomy.

"Molecular gastronomy? Apaan tuh?"

Sederhananya, molecular gastronomy adalah teknik yang menggabungkan ilmu fisika dan kimia dalam mengubah rasa, tekstur, dan bentuk pada makanan sehingga terciptalah makanan baru dan pengalaman makan yang inovatif. Alat-alat yang digunakan biasanya berasal dari laboratorium, seperti food dehydrator, water baths, centrifuge, dan banyak lainnya.

Kalian tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mencoba makanan hasil molecular gastronomy kok, karena di Indonesia sudah ada restoran yang terkenal dengan teknik molecular gastronomynya. Penasaran dengan bentuk makanan ini?

1. Apa yang kalian lihat? Telur mentah?

Dari Buku sampai Arang, 6 Makanan Unik dari Hasil Molecular GastronomyMldspot.com

Sepintas, bahkan jelas sekali terlihat kalau gambar di atas merupakan 6 butir "telur mentah" yang sebagian sudah terbuka cangkangnya. Oke, jangan jijik dulu, karena sebenarnya mereka sama sekali bukan telur mentah.

Jika kalian meneguk "kuning telur" dalam cangkang tersebut, maka kalian akan menyadari bahwa "kuning telur" tersebut merupakan markisa segar. Berkat prinsip molecular gastronomy, markisa dapat diolah sedemikian rupa sehingga terlihat mirip seperti kuning telur. Kreatif!

2. Yang satu ini memang kelihatan seperti arang sih

Dari Buku sampai Arang, 6 Makanan Unik dari Hasil Molecular GastronomyYoutube.com/Zafran Akhmadery Arif

Tapi tunggu dulu, makanan selanjutnya tidak seperti yang kelihatannya kok. Memang sih, kelihatannya seperti arang gitu. Namun, setelah dimakan, ternyata semua ini merupakan kambing guling yang diolah agar bentuknya menyerupai arang dan potongan besar di tengah itu ternyata adalah singkong rebus. Ajaib bukan?

3. Hmm, kalau ini kira-kira apa ya?

Dari Buku sampai Arang, 6 Makanan Unik dari Hasil Molecular GastronomyPergikuliner.com

Apa yang kalian lihat dari gambar di atas? Tentunya banyak dari kalian yang akan menjawab bahwa makanan di atas adalah cabe. Tapi ternyata, makanan tersebut merupakan ayam tinorangsak yang dihidangkan dalam bentuk seperti cabe. Di bawahnya, terdapat nasi dalam bentuk chips dan sambal tinorangsak. Sedap deh!

4. Ini lilin kan ya?

Dari Buku sampai Arang, 6 Makanan Unik dari Hasil Molecular GastronomyPergikuliner.com

Kalian pasti mengira bahwa gambar di atas bukanlah makanan melainkan hanya sebuah lilin kecil. Tapi, tahukah kalian kalau "lilin" tersebut tidak lain adalah keripik balado! Ya, kalian gak salah baca kok. Keripik balado tersebut memang sengaja diletakkan dalam sebuah wadah agar menyerupai lilin.

Lebih uniknya lagi, ternyata sumbu "lilin" tersebut dapat dinyalakan lho, tapi semuanya tetap aman dimakan kok, karena sumbunya terbuat dari pecan (sejenis kacang). 

5. Oke, ini sih kayaknya churros deh

Dari Buku sampai Arang, 6 Makanan Unik dari Hasil Molecular GastronomyPergikuliner.com

Kalian para pecinta camilan pasti langsung mengira kalau makanan di atas adalah churros. Sayangnya, jawaban kalian belum tepat nih. Memang sih, makanan di atas terlihat seperti churros, tapi nyatanya, "churros" tersebut merupakan cireng yang dibentuk layaknya seperti churros.

Saus kecokelatan di sampingnya itu bukanlah saus karamel seperti saat kalian makan churros, melainkan saus nanas. Unik banget ya!

6. Kayaknya gak mungkin bisa dimakan deh ini

Dari Buku sampai Arang, 6 Makanan Unik dari Hasil Molecular GastronomyPergikuliner.com

Jangan nethink dulu ya, "peralatan tulis" di atas betulan bisa dimakan kok! Jadi, jika kalian menaburkan "serbuk" rautan ke atas kertas dan menggulungnya bersama pensil lalu dimakan, maka kalian akan merasakan bahwa semua itu adalah opor ayam! Benar-benar gak terduga ya.

 

Unik-unik dan gak terduga kan keenam makanan di atas? Memang sulit dipercaya sih, tapi kalian tertarik untuk mencobanya gak? 

#MasakItuGampang: Bonus 500 poin bila berhasil menerbitkan 3 artikel seputar tips & rekomendasi kuliner

V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.