Surabaya, IDN Times - Presiden Joko Widodo baru saja membuka ruas tol Surabaya-Mojokerto, pada Selasa, (19/12). Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyempatkan diri untuk mencoba kendaraan prototipe buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bernama Ezzy 2. 

"Itu adalah proyek yang kita desain dan kita buat tahun 2013 lalu pada tahun 2014 kita uji coba. Dan kemarin Pak Jokowi minta uji coba. Nah, karena mobil ini yang siap, jadi ini yang kita uji coba dulu," ujar Ketua Tim Riset Kendaraan Listrik ITS, Muhammad Nur Yunianto, kepada IDN Times, Rabu (20/12). 

1. Prototipe Unggulan

Mengintip Spesifikasi Ezzy 2, Mobil Listrik yang Sempat Dijajal JokowiANTARA FOTO/UMARUL FARUQ

Mobil listrik Ezzy 2 adalah prototipe mobil listrik unggulan yang dimiliki oleh ITS. Mobil ini adalah versi pengembangan dari Ezzy 1 yang lebih dulu dikembangkan. Menurut Yunianto, varian kendaraan ini dinilai memiliki peforma yang lebih bagus dan mumpuni. 

2. Mesin motor listrik dari Inggris

Mengintip Spesifikasi Ezzy 2, Mobil Listrik yang Sempat Dijajal Jokowipixabay.com/MabelAmber

Mobil listrik Ezzy 2 menggunakan mesin dari salah satu pabrikan mobil asal Inggris. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan torsi tenaga yang lebih hebat. Walau demikian, mesin tersebut masih harus disesuasikan dengan spesifikasi Ezzy 2.

3. Bisa tembus 150km/jam

Mengintip Spesifikasi Ezzy 2, Mobil Listrik yang Sempat Dijajal Jokowipixabay.com/DanielReche

Mobil listrik Ezzy 2 diklaim dapat menghasilkan kecepatan maksimal hingga mencapai 150 km/jam. Sedangan konsumsi dayanya mencapai 1 Kwh untuk enam kilometer perjalanan. 

Baca juga: Diklaim Tercepat, Mobil Listrik Ini Sangup Tempuh 313 km/jam

4. Mobil listrik keluarga

Mengintip Spesifikasi Ezzy 2, Mobil Listrik yang Sempat Dijajal Jokowipixabay.com/Free-Photos

Ezzy 2 pada awalnya ditujukan untuk pasar mobil listrik keluarga pertama. Dengan perhitungan penumpang 2 orang dewasa dan maksimal 2 orang anak. 

5. Mayoritas kandungan lokal

Mengintip Spesifikasi Ezzy 2, Mobil Listrik yang Sempat Dijajal JokowiANTARA FOTO/UMARUL FARUQ
Mobil Ezzy 2 memiliki kandungan lokal yang cukup tinggi antara lain motor listrik, controller, sasis, dan lampu kendaraan. Dari semuanya, hanya motor listrik yang diimpor. "Jadi kami kembangkan sendiri supaya lebih sesuai," ujar Yunianto.