Negara Ini Akan Larang Penjualan Mobil Berbahan Bakar Fosil

Padahal jadi pasar mobil terbesar di dunia.

Negara Ini Akan Larang Penjualan Mobil Berbahan Bakar Fosil Alessio Lin via Unsplash

Line IDN Times

Tingkat polusi di Tiongkok kian mengkhawatirkan. Walau tak masuk ke dalam 10 negara dengan polusi paling parah, tapi Tiongkok menempati ranking lima untuk jumlah kematian karena polusi udara. Oleh karena itu, pemerintah tengah mencari cara untuk mengurangi polusi.

Ada wacana pelarangan mobil berbahan bakar solar dan bensin.

Dikutip dari BBC, Wakil Menteri Perindustrian Tiongkok, Xin Guobin mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk melarang produksi dan penjualan mobil serta vans berbahan bakar solar dan bensin. Proses risetnya sudah dimulai, tapi ia mengatakan belum ada keputusan mengenai kapan kebijakan itu akan diambil.

"Kebijakan-kebijakan tersebut dipastikan akan membawa perubahan sangat besar terhadap perkembangan industri mobil di negara kami," katanya. Tiongkok sendiri tercatat mampu memproduksi 28 juta mobil pada 2016. Jumlah tersebut hampir sepertiga dari produksi global.

Baca juga: Kurangi Polusi, Ratusan Pabrik di Tiongkok Ditutup

Tahun lalu penjualan mobil di Tiongkok meroket.

Menjelang akhir tahun 2016, terjadi penjualan mobil besar-besaran di Tiongkok. Di tahun itu, ada sekitar 28,03 juta mobil yang terjual. Ini menunjukkan peningkatan sebesar 13,7 persen dari tahun sebelumnya.

Salah satu yang disebut-sebut sebagai penyebabnya adalah pengurangan pajak pembeliaan kendaraan bermotor untuk jenis tertentu sebanyak lima persen yang ditetapkan pemerintah. Produsen mobil General Motor asal Amerika Serikat sukses menjual sebanyak 3,87 mobil, sementara merek Jepang, Nissan Motor, menjual 1,35 mobil pada tahun lalu.

Jumlah itu mengalami peningkatan masing-masing sebesar 7,1 persen dan 8,4 persen. Pemerintah Tiongkok ingin agar seperlima penjualan mobil pada 2025 didominasi oleh mobil bertenaga listrik dan hybrid.  

Beberapa produsen mobil dilaporkan akan segera memproduksi kendaraan listrik. Misalnya, Geely menyatakan akan mengeluarkan mobil berbahan bakar listrik pada 2019. Perusahaan tersebut berniat untuk menjual satu juta mobil listrik pada 2025.

Sebelumnya, Inggris dan Prancis sudah terlebih dahulu menyatakan pelarangan penjualan mobil berbahan solar dan bensin pada 2040. Cara ini terbilang radikal, tapi dianggap sangat diperlukan untuk mengurangi parahnya polusi udara.

Baca juga: Polusi Udara Memburuk, Wanita Ini Tuntut Pemerintah Prancis

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI