Tanpa Awak, Mobil Ini Juga Bisa "Diajak Ngobrol"

Desainnya juga gemesin

Tanpa Awak, Mobil Ini Juga Bisa "Diajak Ngobrol" fortune.com

Line IDN Times

Volkswagen Group menunjukan keseriusannya dalam menggarap mobil masa depan yang elegan dan berkonsep autonomous alias tanpa pengemudi. Tak heran jika mereka dengan bangga memamerkan mobil konsep pertamanya itu di Cityscape Global di Dubai. 

Diberitakan Khaleej Times, mobil bernama “Sedric” ini akan segera memulai debutnya di Timur Tengah. Mobil ini meerupakan hasil kerjasama antara Future Center Europe dari Grup Volkswagen di Potsdam dan Volkswagen Group Research di Wolfsburg, Jerman. Mobil tersebut telah dilengkapi konsep mobilitas terpadu untuk lalu lintas jalan di masa depan.

Mobil yang pas untuk mobilitas perkotaan di masa depan.

Salah satu Juru Bicara Volkswagen Group mengungkapkan bahwa konsep mobil ini berfokus pada mobilitas perkotaan masa depan. “Kami telah membayangkan masa depan di mana Anda tidak perlu khawatir dengan perjalanan pulang dan pergi. Mobil ini akan mengetahui jadwal Anda. Mereka akan tahu kapan harus menjemput Anda untuk bekerja, dan tahu kapan harus mengantarkan anak-anak Anda ke sekolah,"ujarnya.

Mobil Sedric akan terus dikembangkan sampai dia benar-benar berkontribusi maksimal untuk masa mendatang. Salah satu kendala yang belum tuntas adalah bagaimana mobil ini bisa menempuh perjalanan yang jauh. Volkswagen mengakui bahwa memang masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Baca juga: Beli Mobil Bekas di Situs Ini Ditemani "Asisten Pribadi".

Mengesampingkan isu tersebut, ada satu fitur menarik yang bisa didapatkan penumpang saat masuk ke mobil ini, yakni mereka bisa berbicara dengan Sedric. Penumpang dapat berbicara dengan Sedric tentang tujuan, bagaimana menuju ke sana, waktu mengemudi, situasi lalu lintas saat ini, bahkan mengajak bicara layaknya asisten pribadi.

Terdapat layar OLED besar di dalamnya yang terkoneksi dengan augmented reality. Alat ini berfungsi sebagai pusat komunikasi dan hiburan. Para penumpang pun bisa menutup mata mereka, duduk santai dan rileks, atau menikmati pemandangan sekitar selama perjalanan.

Sebuah mobil yang sesuai dengan konsep Smart City.

Mohamed Said, Direktur Kreatif Pixonal, mencatat bahwa mobil tanpa sopir merupakan bagian penting dari tujuan diciptakannya Smart City atau kota yang cerdas. Mereka ingin menguji mobil tanpa sopir tidak hanya di jalan raya tapi juga di lingkungan perkotaan. Dari sini akan diketahui sejauh mana mobil memberikan keramahan dan interaksi dengan penggunanya.

Baca juga: Yuk Intip Ferrari F12, Koleksi Mobil Baru Cristiano Ronaldo.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI