Canggih, Volvo Ciptakan Truk Sampah Tanpa Sopir

Truk ini memiliki manfaat efisiensi yang menguntungkan.

Canggih, Volvo Ciptakan Truk Sampah Tanpa Sopir newatlas.com

Volvo terus berinovasi menciptakan produk unik. Terbaru, Volvo menggandeng perusahaan pengelolaan limbah, Renova untuk membangun sebuah truk sampah masa depan. Tujuan dari pembuatan mobil ini adalah untuk menangani masalah sampah dengan lebih aman, efisien, dan lingkungan kerja yang lebih baik bagi petugasnya.

Dikutip Stuff.co.nz, (19/5), pihak Volvo bahkan mengklaim bahwa truknya akan menjadi solusi signifikan dalam menurunkan angka pengumpulan sampah di lingkungan sekitar. Uniknya, mobil ini juga memiliki fitur berupa “auto pilot” atau bisa berjalan tanpa bantuan sopir.

Caranya cukup sederhana, Volvo menanamkan teknologi berupa sensor dan pemetaan GPS pada truk tersebut. Sensor ini akan merekam titik-titik pemberhentian untuk memungut sampah. Jadi truk tersebut awalnya harus digerakkan secara manual melalui jalur pengumpulan sampah. Selanjutnya, pada kunjungan berikutnya, sistem pemetaan akan memandu truk ke pemberhentian yang sudah direkam oleh operator sehingga truk ini kemudian dapat beralih ke model auto pilot.

Baca juga: Bagaimana Nasib Bogor Jika Menerima Kiriman Sampah Jakarta

Tidak berbahaya, dalam kondisi auto pilot, truk ini mampu mendeteksi hambatan dan mencari solusi.

Untuk perintah lainnya, truk ini juga memiliki sensor untuk menghentikan kendaraan apabila mendeteksi hambatan. Bahkan truk ini akan menyingkirkan halangan tersebut dengan cara yang aman.

Ada satu hal yang membuat Volvo benar-benar yakin truk barunya ini akan sangat aman, yakni karena adanya sensor empat laser yang disebut LIDAR dan kameranya yang mampu mencakup area 360 derajat di sekitar truk. Dengan adanya truk ini maka beban operator pada saat bekerja dan naik turun kendaraan akan bisa berkurang. Tenaga mereka pun tak cepat habis dan tingkat stress bisa diminimalisir.

Truk ini memiliki manfaat efisiensi yang menguntungkan.

Kepala Petugas Teknologi Truk Volvo, Lars Stenqvist menegaskan bahwa truk ini bisa memberikan manfaat efisiensi. Volvo akan segera memulai tes truk ini pada bulan depan dan akan berlanjut pada trial ke jalan-jalan umum pada akhir musim gugur.

Namun truk ini kemungkinan masih memiliki sejumlah isu saat digunakan di jalanan yang ramai.  Karena fakta di lapangan nanti truk tersebut harus berbenturan dengan arus lalu lintas. Untuk saat ini, penelitian terhadap truk sampah tersebut masih terus dilakukan untuk melihat dampak dan efektivitasnya saat produk tersebut nantinya benar-benar diluncurkan ke pasaran.

Berikut video lengkap truk sampah “masa depan” ciptaan Volvo:

Baca juga: Tempat Pengelola Sampah Regional Akan Dibangun, DKI Jakarta dan Sekitarnya Bisa Lega

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 6%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 6%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 28%
  • Vote Marah Vote
    Marah 22%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 17%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 22%
ARTIKEL TERKINI