5 Cara Mudah Ini Bisa Hindarkan Mobilmu dari Kebakaran

Sayangi mobilmu...

5 Cara Mudah Ini Bisa Hindarkan Mobilmu dari Kebakaran pixabay.com

Line IDN Times

Saat kamu memutuskan untuk memiliki kendaraan roda empat, maka tanggung jawab yang ada di pundakmu akan semakin besar. Selain risiko kecelakaan semakin tinggi, mobil yang tidak dirawat secara teratur juga berpotensi mengalami kebakaran.

Dikutip dari Gulfnrews.com, (5/9),Thomas Edelman, pengamat keamanan dan keselamatan lalu lintas Dubai mengakui serangkaian kebakaran pada kendaraan roda empat banyak terjadi karena faktor kelayakan. Lalu, apa saja langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran ini?

1. Jangan memarkir mobil di tempat yang mudah terbakar.

Memarkir mobil di tempat yang panas sejatinya bukan penyebab kebakaran. Tapi panas itu bisa menjadi faktor pendukung. Apabila seseorang memarkir mobil di bawah sinar matahari, tidak ada masalah sama sekali. Namun, jika orang tersebut menempatkan barang yang mudah terbakar di dalam kokpit seperti bensin atau cairan mudah terbakar lainnya, maka ceritanya bisa berbeda. Panas tersebut bisa memicu kenaikan suhu yang signifikan dan menyebabkan percikan api.

2. Perhatikan tangki bahan bakar mobil, kebocoran sedikit saja bisa berakibat fatal.

Komandan Pemadam Kebakaran Metropolitan Fire Brigade (MFB),Andrew O'Connell mengatakan bahwa masalah listrik dan kebocoran tangki bahan bakar adalah faktor utama penyebab kebakaran mobil terjadi. Namun, sebagian besar kebakaran ini sangat bisa dicegah.

Salah satunya adalah mengecek apakah posisi baterai mobil sudah terikat dengan benar. Pasalnya, baterai mobil yang bergeser dan korsleting akan memicu timbulnya api.

Baca juga: Canggih, Mobil Tanpa Sopir Ini Diciptakan untuk Antar Pizza.

3. Mencegah lebih baik dari mengobati, rutinlah melakukan service mobil.

Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Karena itu lakukanlah maintenance atau pengecekan rutin terhadap mobil kamu. Intinya penting sekali bagi orang-orang untuk merawat mobil mereka secara teratur dan memastikan bahwa setiap masalah yang ada diperbaiki sesegera mungkin. Pasalnya, 75 persen kendaraan terbakar disebabkan oleh perawatan yang buruk.

4. Untuk mobil berukuran besar, jangan mengerem mobil terlalu keras.

Sejumlah mobil berkuran jumbo perlu perlakuan khusus agar tidak mudah terbakar. Salah satunya adalah tidak mengerem mobil tersebut terlalu keras. Pengereman yang terlalu keras bisa memicu pembakaran pada komponen rem itu sendiri.

Hasilnya, mobil akan terbakar dalam sekejap.  Hal ini dikarenakan sebagian besar kebakaran kendaraan dimulai dari komponen mobil itu sendiri. Kebakaran ini biasanya berlangsung perlahan pada tahap awal, namun saat mengenai tangki bensin, ledakan hebat bisa terjadi.

5. Bagi yang merokok, jangan membuang puntung rokok sembarangan.

Puntung rokok adalah sesuatu yang kecil, tapi bisa membakar mobil dalam sekejap. Jadi hindari melempar puntung rokok sembarangan. Percikan api dari putung rokok tersebut tidak hanya bisa menyulut api mobil sendiri, tapi juga mobil lain yang kebetulan ada didekatnya.

Baca juga: 12 Mobil Terkeren di Video Games, Bikin Ingin Punya!

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI